Kamis, 31 Mei 2012

Panduan Bab 2 Tugas Akhir

2.     BAGIAN  AWAL


2.1    Sampul  
Sampul (cover) berisi logo Polines, judul tugas akhir, subjudul tugas akhir (bila ada) nama dan  nomor induk mahasiswa, nama lembaga, dan tahun pembuatan. Sampul dibuat dalam hard cover laminating kertas linen dengan warna jurusan (Tabel 1).

Tabel  1. Warna Sampul Tugas Akhir Program Diploma III dan IV
No.
Jurusan
Warna

Teknik Sipil
Coklat muda

Teknik Mesin
Biru

Teknik Elektro
Merah

Akuntansi
Kuning

Administrasi Niaga
Kuning

Untuk memberikan gambaran pola penyajian sampul tugas akhir dapat dilihat dalam gambar berikut.

 

RENCANA PELAKSANAAN
JARINGAN IRIGASI SEKUNDER DAN BANGUNAN B.BKI.I-B.BKr.1C
DAERAH IRIGASI BODRI KABUPATEN KENDAL JAWA TENGAH



TUGAS AKHIR

Diajukan untuk melengkapi syarat kelulusan Diploma III


                                                            Disusun oleh
                                                                                              
PUTRIANA CHOMSATI
 N I M    3.12.10.0.18


PROGRAM STUDI KONSTRUKSI SIPIL
JURUSAN  TEKNIK SIPIL
POLITEKNIK NEGERI SEMARANG
2008

Gambar 1. Contoh Penyajian Sampul

Dalam sampul itu ditetapkan ketentuan-ketentuan berikut.
a.       Logo Polines diletakkan pada bagian tengah atas dengan diameter  4 cm.
b.      Judul tugas akhir ditulis dengan huruf kapital, cetak tebal, dan ukuran 16-18;
c.       Di bawahnya ditulis kata tugas akhir dengan huruf kapital, cetak tebal, dan ukuran 14-16 , diikuti  baris berikutnya pernyataan  Diajukan untuk melengkapi syarat kelulusan Diploma III (atau  IV) dengan huruf kapital, cetak tebal, dan ukuran 12.
d.      Di bawahnya ditulis kata Disusun oleh (tanpa titik dua) dengan huruf kapital, cetak   tebal, dan ukuran 12, diikuti baris berikutnya ditulis nama lengkap dan NIM dengan huruf kapital, cetak tebal, dan ukuran 12.
e.       Pada bagian halaman bawah ditulis nama progam studi, jurusan, dan Polines dengan huruf kapital, cetak tebal, dan ukuran 12.
f.       Jarak spasi antarbagian sampul disesuaikan sesuai dengan kondisi judul masing-masing

2.2   Judul
Judul ditulis pada kertas putih dengan format yang sama dengan sampul.

2.3   Bukti Persetujuan
Bukti persetujuan digunakan untuk membubuhkan tanda tangan dosen pembimbing utama dan pembimbing pendamping tugas akhir, sebagai tanda bahwa mereka telah menyetujui isi dan format tugas akhir tersebut. Bukti  persetujuan ini memuat pernyataan persetujuan, judul tugas akhir, tanggal persetujuan, tanda tangan dosen pembimbing, nama pembimbing, dan NIP dosen pembimbing masing-masing (Gamabar 2).

BUKTI  PERSETUJUAN

            Tugas akhir berjudul  Rencana Pelaksanaan Jaringan Irigasi Saluran Sekunder dan Bangunan B.BKI.1-B.BKr.1C Daerah Irigasi Bodri Kabupaten Kendal Jawa Tengah  telah disetujui pembimbing tanggal.... 

                                                                                                                                      

            Dosen Pembimbing Utama,                            Dosen Pembimbing Pembantu,

           
            Risman, S.T., M.T.                                          Ir. Tedjo Mulyono, S.T., M.T.
 NIP 196205221988031001                            NIP 1964090719993031001 

Gambar 2.  Contoh Penyajian Persetujuan

2.4    Bukti Pengesahan
Bukti pengesahan dimaksudkan untuk menyatakan bahwa tugas akhir tersebut telah dipertahankan pada ujian wawancara dan diterima sebagai syarat akhir studi di Polines, kemudian disahkan oleh ketua jurusan (Gambar 3). Bukti pengesahan itu memuat hal-hal berikut, yaitu:
a.       pernyataan  bahwa tugas akhir tersebut telah dipertahankan pada ujian wawancara dan diterima sebagai suatu syarat keluliusan diploma di Polines;
b.      tanggal  ujian, tanda tangan, nama,  dan NIP tim penguji;
c.       pengesahan oleh ketua jurusan.
BUKTI   PENGESAHAN

Tugas akhir berjudul Rencana Pelaksanaan Jaringan Irigasi Saluran Sekunder
dan Bangunan B.BKI.1-B.BKr.1C Daerah Irigasi Bodri Kabupaten Kendal
Jawa Tengah telah dipertahankan dalam ujian dan diterima sebagai syarat
kelulusan Diploma III di Politeknik Negeri Semarang pada  tanggal  7 Oktober
2008.

Tim Penguji,
            Penguji I,                               Penguji II,                                 Penguji III,


     Ir. Tedjo Mulyono, S.T., M.T. Hartono, SST.                    Karnawan Joko,S.T., M.T.
     NIP1964090719993031001    NIP 195401051984031002NIP  96407251990031002

            Ketua,                                                                         Sekretaris,


            Risman, S.T., M.T.                                                      Warsiti,S.T.,M.T..
            NIP NIP 196205221988031001                                 NIP  196203121988032002
                                                            Disahkan oleh,
                                                            Ketua Jurusan Teknik Sipil

                                                            Sukardi, S.T.
                                                            NIP 195506071988031001

Gambar 3. Contoh Penyajian Pengesahan

2.5  Motto dan Persembahan
Motto dan persembahan bersifat mansuka, artinya dapat ditulis atau tidak. Motto merupakan pernyataan bijak (kiat) dalam kehidupan yang berkaitan dengan penulisan tugas akhir. Persembahan berupa pernyataan yang merujuk kepada siapa tugas akhir dipersembahkan.  Motto atau persembahan yang disajikan hanya terbatas pada penulisan tugas akhir bukan bersifat umum (menyeluruh) sehingga tidak berlebihan
(Gambar 4). Motto dan persembahan dibuat dalam satu halaman.
MOTTO
Sesungguhnya barang siapa berjalan untuk menuntut ilmu akan dimudahkan jalan menuju surga (HR B. Muslim).

Hidup tanpa buah karya adalah hidup tanpa faedah.

                                             PERSEMBAHAN
                                                                                                  
Karya ini kupersembahkan kepada Bapak dan Ibuku yang tercinta dan  temanku terdekat.
           

Gambar 4.  Contoh Penyajian Motto dan Persembahan


2.6   Abstrak
Abstrak merupakan rangkuman singkat isi  tugas akhir, artikel, atau  laporan penelitian yang diungkapkan secara lengkap dan jelas. Bagian ini berisi batasan masalah, tujuan, metode, dan hasil (simpulan) yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris tidak lebih dari 250 kata. Abstrak harus disajikan dalam paragraf-paragraf yang informatif, faktual, dan menggugah minat pembaca untuk melihat penjelasan  yang lebih rinci pada isi tugas akhir (Gambar 5).
           
ABSTRAK
Sistem perawatan tanki sodium pada unit produksi di Pertamina Unit Pengolahan IV Cilacap sebelumnya dilakukan dengan cara mengosongkan tangki, kemudian mengeluarkan lumpur dari dasar tangki. Lumpur dikeluarkan dengan cara dicangkul, atau jika sudah benar-benar mengeras, lumpur tersebut dibor terlebih dahulu, baru dikeluarkan. Pekerjaan tersebut dapat menghambat jalannya kinerja pihak Pertamina, karena selama perawatan berlangsung, produksi dihentikan. Oleh sebab itu, suatu perencanaan ulang instalasi (re­instalation) yang lebih efektif perlu dilakukan dengan pemasagan valve (katup pembuangan) yang ditempatkan di bawah tangki. Dengan instalasi ulang ini, pelaksanaan perawatan tangki akan lebih mudah dibandingkan dengan cara perawatan yang dilakukan pihak Pertamina sebelumnya. Katup pembuangan ini berfungsi untuk membuang air yang tercampur dengan lumpur sebelum mengeras atau mengendap di bagian dasar tangki. Lumpur tersebut bisa dikeluarkan secara periodik (berkala) tanpa mengganggu kinerja pihak Pertamina.

Gambar 5.  Contoh Penyajian Abstrak dalam bahasa Indonesia

2.7   Prakata
Prakata berisi maksud penulisan tugas akhir,  hambatan-hambatan,  beserta penyelesaian dari hambatan yang ada, ucapan terima kasih, dan harapan. Diikuti dengan tempat, tanggal, bulan, dan tahun pembuatan. Di bawahnya ditulis nama penulis tugas akhir dengan huruf kapital.

Perlu ditegaskan bahwa ucapan terima kasih hanya diberikan kepada pihak-pihak yang berhubungan langsung dengan  penyelesaian tugas akhir, seperti ketua jurusan, ketua program studi, pembimbing, pihak tertentu yang secara khusus membantu penyelesaian tugas akhir.  Selebihnya cukup dikatakan pihak-pihak yang membantu penyelesaian tugas akhir baik langsung maupun tidak langsung.

2.8  Daftar Isi
Bagian ini memuat bagian awal, bagian utama yang berupa judul bab, sub-subbab, dan anak subbab, serta bagian akhir. Setiap penyebutan bab, subbab, dan anak subbab diikuti  nomor halaman dengan angka Arab. Bagian awal, judul bab, bagian akhir ditulis dengan huruf kapital. Penulisan judul subbab dan anak subbab diawali dengan huruf kapital, kecuali kata tugas (seperti yang, dari, dan pada) ditulis dengan  huruf kecil (Gambar 6) .

Jarak spasi antarbaris satu, kecuaai  jarak baris pergantian antara akhir subbab dan bab dua spasi.




DAFTAR ISI
                                                                                                                        Halaman




JUDUL…………………………………………………………………..              i
BUKTI PERSETUJUAN ……………………………………………...             ii
BUKTI PENGESAHAN ..……………………………………………..                      iii
MOTTO DAN PERSEMBAHAN………………………………..……                      iv
ABSTRAK………………………………………………………………                       v                       PRAKATA/KATA PENGANTAR ……………………………….......             vi
DAFTAR ISI………………………………………………………........                     vii
DAFTAR TABEL………………………………………………........…                   viii
DAFTAR GAMBAR……………………………………………….......                      ix
DAFTAR SINGKATAN …………………………………………........                      x
DAFTAR LAMPIRAN………………………………………………...                         xi

1. PENDAHULUAN
    1.1  Latar Belakang Masalah…………………………………..         .........                1
    1.2  Pembatasan Masalah .....................................................................                    2
    1.3  Tujuan Penulisan ...........................................................................                   2
    1.4  Metode Penulisan ..........................................................................                   3
    1.5  Sistematika Penulisan ..................................................................                     5

2. MANAJEMEN PROYEK
    2.1  Gambaran Umum Proyek..............................................................                    7
    2.2  Struktur Organisasi Proyek...........................................................                     7
            2.2.1  Pemilik Proyek..................................................................                     8
            2.2.2  Konsultan Perencana ........................................................                     9
            2.2.3  Konsultan Pengawas.........................................................                     10
             2.2.4   Kontraktor........................................................................                   11
             2.2.5   Hubungan Kerja ..............................................................                    12
    2.3   Struktur Organisasi Lapangan ....................................................         13

3. PELAKSANAAN PROYEK
     3.1. Pekerjaan Persiapan ....................................................................                    15  
            3.1.1 Pekerjaan Pengukuran.......................................................                     15            
            3.1.2 Perbersihan Lokasi............................................................                     16
            3.1.3 Papan Nama .....................................................................                     17
            3.1.4 Papan Duga ......................................................................                     18
            3.1.5  Pembuatan Direksi Keet..................................................                       19
            3.1.6  Administrasi dan Dokumentasi........................................                      21
            3.1.7 Penyedia Air Bersih.........................................................                       25
            3.1.8  Mobilisasi........................................................................                      27
    3.2  Pekerjaan Konstruksi...................................................................                     28
            3.2.1  Pekerjaan Tanah ..............................................................                     30
            3.2.2  Pekerjaan Pasangan ........................................................                      35
            3.2.3  Pekerjaan Beton...............................................................                      40
            3.2.4  Pekerjaan Pintu................................................................                      47
            3.2.5  Pekerjaan Bangunan Bagi Sadap.....................................                       49
            3.2.6  Pekerjaan Corongan .......................................................                       54
            3.2.7  Finishing..........................................................................                     58
      3.3  Pekerjaan Lain-lain...................................................................                      63
            3.3.1  Pekerjaan Nomenklatur..................................................                       67
            3.3.2  Pekerjaan Peil Scale .......................................................                      73
            3.3.3  Patok Hektometer ..........................................................                       76
            3.3.4  Asuransi .........................................................................                      79
            3.3.5  Demobilisasi ..................................................................                       82
4.  RENCANA ANGGARAN PELAKSANAAN
      4.1  Rekapitulasi Akhir .....................................................................                    83
      4.2  Rekapitulasi Awal ......................................................................                    85
     .4.3  Bill of Quantity ..........................................................................                    87
      4.4  Analisis Sumber Daya Alat dan Harga Satuan .........................                      98
      4.5  Daftar Harga dan Satuan.............................................................                    101
      4.6  Perhitungan Volume ..................................................................                    105

5.   PENGENDALIAN PELAKSANAAN PEKERJAAN
      5.1  Pengendalian Biaya dan Waktu..................................................                    120
            5.1.1 Rencana Kerja ..................................................................                     125
            5.1.2 Kurva S ............................................................................                     128
            5.1.3  Arus Kas Pembiayaan .....................................................                      130
            5.1.4  Network Planning ...........................................................                      134
      5.2  Pengendalian Alat, Material, dan Tenaga Kerja ........................                      137
            5.2.1  Pengendalian Alat ...........................................................                      139
            5.2.2  Pengendalian Material.....................................................                       144
            5.2.3  Pengendalian Tenaga Kerja............................................                        147
      5.3  Pengendalian Mutu Pekerjaan ..................................................                      150
            5.3.1  Uji Kepadatan ................................................................                       154
            5.3.2  Uji Sand Cone.................................................................                      158
      5.5  Pekerjaan Administrasi ............................................................                      160
            5.5.1 Notulen Pembangunan ....................................................                       163
            5.5.2  Laporan Harian ..............................................................                       168
            5.5.3  Laporan Bulanan ............................................................                      173
            5.5.4  Daftar Hadir Kerja Bulanan ...........................................                       179
      5.6  Pengawasan ..............................................................................                     182
            5.6.1  Pengawasan Kerja  Sendiri.............................................                        185
            5.6.2  Pengawasan /Kontrol .....................................................                       187
      5.7  Pekerjaan Pemeliharaan /Pencegahan......................................                       190
                   5.8  Daftar Pemeriksaan .................................................................                     192
                        5.8.1 Sebelum Pekerjaan Dimulai............................................                        195
                        5.8.2  Selama Proyek Berlangsung ..........................................                        197
                        5.8.3  Setelah Pekerjaan selesai................................................                       199
            
 6.  PENUTUP
                  6.1  Simpulan ..................................................................................                     200
                  6.2  Saran.........................................................................................                     201
           
DAFTAR PUSTAKA..........................................................................                       202
           
LAMPIRAN ........................................................................................                      204


Gambar 6.  Contoh Penyajian Daftar Isi


2.9     Daftar Tabel dan Gambar
Daftar tabel dan gambar dibuat apabila tabel terdiri dari lebih dari tiga gambar, tabel, atau grafik dalam naskah tugas akhir Daftar tabel dan gambar memuat nomor tabel/gambar, judul (setiap kata diawali huruf kapital, kecuali kata tugas), dan  halaman gambar atau  tabel (Gambar 7 dan 8).

DAFTAR   TA B E L
    Halaman
Tabel   1   Fungsi-fungsi Alternatif Port 3 Mikrokontroler ...................................       8
Tabel   2   Pembagian RAM Internal Bagian Bawah...........................................       18
Tabel   3   Fungsi Bassel ....................................................................................        27
Tabel   4   Kelompok  Frekuensi.........................................................................        30
Tabel   5   Fungsi Pin 1C TP5088............................................................. .............     33
Tabel   6   Tabel Kebenaran DTMF TP5088............................................ .............     34
Tabel   7   Pengukuran Rangkaian Enkoder DTMF TP5088.......................... .......    73

Gambar  7.   Contoh Penyajian Tabel


DAFTAR GAMBAR
                                                                                                                        Halaman
Gambar  1 Struktur Organisasi Proyek ................................................................     11
Gambar  2 Struktur Organisasi Lapangan ...........................................................      12
Gambar  3 Site Plan Proyek ...................................................................................      13
Gambar  4 Titik Duga Dengan Tiang Beton ..........................................................     14
Gambar  5 Tampak Dan Denah Pos Keamanan .....................................................     15
Gambar  6  Denah Direksi Keet, Gudang, dan Barak Pekerja ..............................    16
Gambar  7 Tampak Direksi Keet .........................................................................     17
Gambar  8 Papan Nama Proyek............................................................................     17
Gambar  9 Pagar Pengaman dan Pintu Gerbang ....................................................     19
Gambar 10 Bowplank ................................................................................................    25

Gambar 8. Contoh Penyajian Daftar Gambar

2.10  Daftar Singkatan Istilah Teknis
Apabila dalam naskah tugas akhir digunakan lebih dari lima singkatan istilah teknis yang digunakan lebih dari  tiga, maka daftar arti singkatan atau istilah harus dibuatkan. Daftar disusun secara  alfabetis dan diberi kata perpanjangannya (Gambar 9).

DAFTAR LAMBANG
I        = arus listrik                                                                                           [Ampere]
E       = beda potensial                                                                                     [Volt]
R      = resistansi                                                                                              [Olun]
G      = berat logam terdeposisi                                                                       [gram]
Ar     = massa atom relatif
Mr    = massa molekul relatif
t        = waktu                                                                                                  [detik]
i        = rapat arus                                                                                             [Ampere/drn2]
v       = volume                                                                                                [m3]
A      = luas                                                                                                      m2
P      = massa jenis                                                                                           [Kg/m3]
W     = berat nyata endapan pada katoda                                                        [gram]
W'    = berat teoritis sesuai hokum Faraday                                                    [gram]

Gambar  9. Contoh Penyajian Daftar Singkatan Istilah Teknis

2.11   Daftar Lampiran
Daftar lampiran dibuat bila dalam naskah tugas akhir  terdapat lebih dari tiga lampiran  harus dibuat daftar lampiran yang memuat nomor, judul, dan atau tanpa halaman lampiran tersebut (Gambar 10).

DAFTAR LAMPIRAN
                                                                       Halaman
Lampiran 1         Tabel Massa Atom  ....................................................................     134
Lampiran 2         Tabel Massa Jenis Logam...........................................................     138
Lampiran 3         Momen Tahanan Profil l.............................................................     140
Lampiran 4         Momen Inersia Penampang........................................................      143
Lampiran 5         Sifat Minimum Logam Las.........................................................     147
Lampiran 6         Tingkat Kekesaran......................................................................     150
Lampiran 7         Skema Rangkaian Power Supply...............................................      154
Lampiran 8         Hasil Pelapisan...........................................................................      158
                       
Gambar  10. Contoh Penyajian Daftar Lampiran

1 komentar: